Jumat, 01 Juli 2016

.:: BERHENTILAH BELAJAR ::.

Arif RH, Saya sejak dulu, belajar ke banyak sekali sahabat, belajar ke banyak guru ... Baik secara live maupun secara jarak jauh ... Secara formal, maupun informal... Saya juga membaca banyak sekali buku ... Semakin banyak ikut pelatihan, kok yang saya rasakan, saya semakin bingung ... Semakin banyak baca buku, tambah confuse ... Karena konsep antar buku dan antar guru, kadang tidak sama, bahkan saling bertentangan ... Pertanyaan di kepala saya adalah, mana cara yang benar dari semuanya itu? ...Kata guru anu, caranya begini ... Kata guru itu, cara anu salah, yang bener begini ... Pusing abisss saya ... Akhirnya, saya berfocus mengamati diri saya sendiri, mengamati pola-pola kehidupan saya sendiri ... Lalu saya simpulkan ... Saya buat "manual book", tentang diri saya sendiri ... Dan hasilnya jauh lebih baik ... Lebih pas dan lebih aplikatif ... Tidak puyeng lagi ... Prakteknya lebih enak ...Lalu kekeliruannya dimana? ... Kekeliruannya adalah, kadang, semakin banyak belajar ke orang lain, membuat kita tidak belajar "ke dalam" ... Kita malah semakin ingin menjadi orang lain, pakai konsep-konsep orang lain ... Akhirnya, kita terasing dari rahasia diri kita sendiri ... Kita tercampakkan menjauh, dari guru sejati kita sendiri ... Kita tidak jeli, mengamati pola-pola yang kita alami dalam hidup...Itulah sebabnya, sekarang saya lebih berkiblat bahwa, tidak ada cara yang salah ... Tapi cara yang efektif menurut guru anda, belom tentu efektif buat anda ... So, ambil yang pas-pas saja dengan diri anda... Jangan dicampur aduk, karena belom tentu pas ... Belajarlah ke sebanyak mungkin orang, tapi dalam rangka untuk melihat ke dalam ... Berpetualanglahsejauh mungkin ke luar, untuk menemukan jalan menujuke dalam ...Beberapa tahun lalu, salah seorang sahabat saya berkata, "berhentilah belajar" ... Itu lama saya paham kalimat itu ... Akhirnya saya baru mengerti, ohhh maksudnya itu, jangan sampai terus belajar ke luar diri, tapi semakin tidak mengenali diri sendiri ... Setiap manusia itu unik dan otentik ... Tidak semua nasehat, pas buat anda ... Tidak semua postingan di fb, cocok buat anda ... Tapi apa yang tidak cocok buatanda, bukan berarti salah ... Benar, tapi tidak compatible dengan diri anda ...Anda boleh tidak percaya, dengan tulisan saya ini ... So, buktikan sendiri ... Selama anda tidak aware dan tidak mengamati diri anda sendiri ... Selama anda tidak menyadari, bahwa guru sebenarnya adalah ada dalam pola pengalaman anda sendiri ... Selama anda memaksakan menggunakan cara-cara orang lain ... Maka, semakin banyak anda belajar ke orang lain, semakin pusing anda dalam hidup ...Cailah guru, yang mengajak anda untuk mengamati diridan kehidupan anda sendiri ... Carilah guru, yang berani meletakkan ego merasa dia paling benar, dan dia rela berperan hanya sebatas sebagai cermin, agar anda melihat ke dalam diri anda sendiri ...Kitab rahasia tertua yang dituliskan Tuhan, bahkan sebelum anda bisa membaca ... Adalah kitab bernama,AL SELF, alias, DIRI ANDA SENDIRI ... BACALAH !! ..._/|\_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Simulacra & Perversion

  Primordial Nature Home JUN 3 Simulacra and Perversion SIMULACRA & PERVERSION Kesehatan mental itu hanya bisa didapat bila berada dalam...