Senin, 09 Mei 2016

.:: MELEKAT PADA ILMU JAUH LEBIH SUSAH ::.

Arif Rh
Pernah ngalamin dipinjemin duit enggak balik? ... Dalam
kejadian itu, akan nampak, sejauh mana kita melekat
dengan harta ... Tapi percayalah ... Melekat kepada
ilmu, jauh lebih sulit disembuhkan, daripada melekat
kepada harta ...
Awal-awal, bertahun-tahun lalu, ketika tulisan-tulisan
saya dicopas orang lain, dan diaku sebagai tulisan
mereka sendiri, itu sangat menjengkelkan ... Di facebook
ini, di dunia maya ini, waah banyak banget kejadian
begitu ... Sampai akhirnya saya menyadari satu hal,
saya baru sadar, bahwa saya telah melekat dengan ilmu
saya sendiri ...
Lalu, bagaimana saya menyembuhkan diri saya
sendiri? ... Saya malah "hajar sekalian" diri saya,
dengan cara apa? ... Dengan cara, rajin membuat
rekaman suara, rajin membuat rekaman video dan
sebagainya ... Dan semuanya, saya bagikan secara gratis
... Sejak saya sering melakukan itu, rasa jengkel itu,
lenyap entah kemana ...
Ternyata, semakin sering ilmu dibagikan, justru ilmu-ilmu
baru, pemahaman-pemahaman baru, hadir ... So,
mentoknya ide, adalah salah satu tanda, bahwa kita
kurang berbagi ilmu ... Orang yang "mengambil" karya
kita, ibarat "utusan Tuhan", yang "meminta kita, untuk
menyembelih "Ismail-nya" kita ...
Ingin tahu sejauh mana, kita melekat dengan ilmu? ...
Amati reaksi di dalam diri kita, saat karya kita, dicopas
oleh orang lain, tanpa menyebutkan sumber aslinya ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Simulacra & Perversion

  Primordial Nature Home JUN 3 Simulacra and Perversion SIMULACRA & PERVERSION Kesehatan mental itu hanya bisa didapat bila berada dalam...