Sabtu, 05 Maret 2016

.::PIKIRAN CUMA BISA FOCUS KE SATU HAL::.

Arif RH,
Dulu banget, saat memberikan pelatihan, saya sering
menggunakan game flash di laptop ... Gamenya game
kartu ... Ini game jadul banget ...
Gamenya begini ... Ada sekitar 10 kartu ... Dan saya
meminta 1 orang ke depan ... Subyek yang ke depan itu,
saya minta untuk memilih 1 kartu di layar ... Focus
hanya ke kartu itu ... Saya minta dia tutup mata, sambil
tetap mengingat kartu yang dia pilih ... Lalu ... Criiiing
... Saya pindahkan slide ke next slide ...
Saya minta si subyek buka mata ... Saya bilang, kartu
anda tadi sudah saya hilangkan ... Coba lihat aja ke
layar ... Eh iyaa yaaa, kata dia dengan takjub ... Kartu
yang dia pilih lenyap ... Bapak kereeeen ha ha ha ha ha
... Aseek aseeek ... Ha ha ha ha ... Dimana rahasia
permainan ini?
Sebenarnya sederhana ... Saya ganti semua kartunya ...
Jelas aja kartu pilihan si subyek juga lenyap ... Lah kok
si subyek enggak tahu, kalo semua kartunya saya ganti?
Karena dia hanya focus di satu kartu pilihan dia ... Ya,
dia hanya memusatkan pikirannya, di satu kartu saja,
dari 10 kartu yang ada di layar ...
Inilah rahasia focus ... Pikiran saat difocuskan pada
satu hal, ia akan mengabaikan yang lainnya ... Ini
berdampak dua sisi ... Bisa sisi baik, bisa sisi buruk ...
Tergantung apa yang menjadi focus dan apa yang
diabaikan ...
Misalkan saja, kartu yang menjadi focus tadi adalah
solusi ... Sementara 9 kartu yang lain adalah masalah
... Maka ini berdampak baik ... Karena solusi itu yang
akan menjadi pusat perhatian, bukan masalahnya ...
Namun bila terbalik, maka dampaknya sebaliknya ... Bila
kartu yang menjadi focus itu adalah masalah, sementara
9 kartu lainnya adalah solusi ... Maka hidup orang itu
akan penuh dengan masalah dan tidak bisa melihat
solusinya ...
Jadi? ... Sadari apa yang menjadi focus kita, maka kita
pun akan menyadari apa yang kita abaikan ... Saat yang
kita lihat masalah melulu, sadari, itu artinya, banyak
solusi yang terkaburkan karena cara kerja pikiran, yang
kita pusatkan ... Segera perluas area perhatiannya, agar
bisa melihat yang terabaikan ...
Apa yang menjadi focus ... Dan apa yang terkaburkan di
luar focus ... Keduanya sama-sama pentingnya,
tergantung situasi, kondisi dan konteksnya ... Mari kita
optimalkan untuk memanfaatkan keduanya ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Simulacra & Perversion

  Primordial Nature Home JUN 3 Simulacra and Perversion SIMULACRA & PERVERSION Kesehatan mental itu hanya bisa didapat bila berada dalam...